Bawaslu Majene Dukung Penuh Terobosan E-PPID Bawaslu RI

Bawaslu Majene – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) segera meluncurkan Elektronik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (E-PPID).

Sebelumnya PPID dikelola Bawaslu di tiap provinsi dan kabupaten. Melalui terobosan ini, PPID bakal terintegrasi ke PPID Bawaslu RI secara elektronik.

Demikian dibeberkan Tenaga Ahli Penanganan Pelanggaran dan Datin Bawaslu RI, Bahtiar Baetal saat bertandang ke Kantor Bawaslu Sulbar, Senin (22 Agustus 2022).

Bahtiar menyampaikan, PPID berbasis android ini akan menjadi garda terdepan mendukung kesiapan pemilu serentak tahun 2024 mendatang. Utamanya untuk menyiapkan akses informasi masyarakat.

“E-PPID ini jadi jawaban bagaimana nantinya masyarakat bisa cepat mendapat informasi, di era digitalisasi ini pelayanan cepat tentu menjadi prioritas,” jelas Bahtiar dalam rapat Penguatan Keterbukaan Informasi Publik.

Pimpinan Bawaslu Kabupaten Majene, Muhammad Dardi yang hadir dalam rapat tersebut menyatakan kesiapan mendukung penuh E-PPID. Menurutnya, peran PPID sangat vital dalam mendukung keterbukaan informasi publik.

Lebih lanjut Kordiv SDM, Organisasi, Data dan Informasi ini menegaskan, keterbukaan informasi dibutuhkan menjaga kepercayaan publik terhadap pelaksanaan pemilu. Terobosan ini juga diharapkan dapat menguatkan partisipasi publik untuk ikut mengawasi tahapan pemilu.

“Pengawasan partisipatif dapat diakselerasi dengan membuka informasi seluas-luasnya. Sehingga masyarakat dapat mengikuti seluruh perkembangan dan ikut terlibat di dalam pengawasan,” pungkasnya. (*)


Posted

in

by

Tags: