Bawaslu Kabupaten Harus Jeli

Majene, Bawaslu – (26/08) Bawaslu Kab. Majene menerima kunjungan supervisi dan monitoring Bawaslu Prov. Sulawesi Barat terkait hasil pengawasan verifikasi dokumen keanggotaan Partai Politik yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Majene. Dalam kunjungan ini, Bawaslu Prov. Sulawesi Barat memeriksa pengisian formulir model A hasil pengawasan.

Dalam kunjungan ini, Pimpinan Bawaslu Prov. Sulawesi Barat, Ansharullah, menekankan bahwa pada tahapan verifikasi keanggotaan Partai Politik, Bawaslu Kabupaten harus jeli melihat apakah potensi terjadi pelanggaran administrasi ditingkat kabupaten/kota cukup besar. Jika ada partai politik yang tidak lolos verifikasi dan mengajukan laporan pelanggaran administrasi maka bawaslu harus siap memproses serta hasil-hasil pengawasan dipersiapkan dengan baik.

Menanggapi hal tersebut, Bawaslu Kabupaten Majene sudah melakukan langkah-langkah pencegahan dengan cara melakukan pengawasan melekat pada saat KPU Kabupaten Majene melakukan verifikasi dokumen keanggotaan Partai Politik. Tim pengawasan verifikasi sudah terlebih dahulu dibentuk oleh Bawaslu Kabupaten Majene yang tugasnya untuk melakukan pengawasan proses verifikasi dokumen keanggotaan Partai Politik yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Majene dari tanggal 16 s/d 29 Agustus 2022.

Selain melakukan pengawasan melekat, Bawaslu Kabupaten Majene juga terus berkomunikasi dengan KPU Kabupaten Majene terkait dengan proses verifikasi administrasi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan terjadinya pelanggaran-pelanggaran yang dapat terjadi pada proses verifikasi administrasi.


Posted

in

by

Tags: