Lompat ke isi utama

Berita

Awasi Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Bawaslu Majene Ungkap Sejumlah Temuan di lapangan

Dokumentasi Pengawasan

Kordiv HP2H Bawaslu Majene  saat  Menghadiri  Rekapitulasi Penetapan DPT Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024, di Wisma Yumari, Kamis, (20/09/2024)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu Majene. 

Majene, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Yanti Rezki Amaliah menghadiri rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Majene di Wisma Yumari Kelurahan Labuang Utara Kecamatan Banggae Timur, Jum’at 20 September 2024.

Penetapan DPT merupakan rangkaian dari penyusunan dan pemutakhiran data pemilih. Diawali dari pencocokan dan penelitian, Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), dari proses pelaksanaan yang panjang tersebut Bawaslu Kabupaten Majene beserta jajarannya pro aktif melakukan pengawasan di lapangan.

“Melalui Forum ini, Kami dari Bawaslu Kabupaten Majene ingin memaparkan beberapa temuan hasil pengawasan di lapangan seperti adanya pemilih yang meninggal dan sudah memiliki suket namun masih masuk kedalam daftar pemilih, adanya pemilih pindah keluar yang masih masuk kedalam daftar pemilih, adanya pemilih pindah masuk, adanya pemilih yang terbaca ganda, dan adanya data turunan dari Kemendagri," Ucap Yanti

ia juga menegaskan akan selalu memastikan dan mengawal daftar pemilih yang sudah di tetapkan oleh KPU Kabupaten Majene

“Pasca penetapan DPT hari ini kami dari Bawaslu Majene berkomitmen akan selalu mengawal daftar pemilih," Imbunya

Selain itu, Ketua Divisi Data dan Informasi Andi Hamka mengucapkan apresiasi terhadap kerja-kerja pengawasan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Majene dan Jajarannya.

“Kami dari KPU Kabupaten Majene mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu yang selalu membersamai kita di setiap kegiatan, teman-teman Bawaslu ini selalu menemani dan mengingatkan kita persoalan data-data yang tidak sesuai,”Ucap Andi Hamka

Editor : Karmuji

Fotografer : Rio Riswan