Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan Data Pemilih Akurat, Bawaslu Majene Monitoring Pleno DPSHP Tingkat Kelurahan/Desa

Dokumentasi Pengawasan

Kordiv HP2H Bawaslu Majene saat Monitoring Pengawasan Pleno DPSHP Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024, di Desa Buttu Baruga, Sabtu, (07/09/2024)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu Majene. 

Majene-Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Majene melakukan monitoring rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) yang dilaksanakan tingkat Kelurahan/Desa.

Koordinator Divisi Hukum Pencegahan, Parmas dan Humas Yanti Rezki Amaliah, menyampaikan kegiatan yang kami lakukan ini untuk memastikan jajaran Pengawas Kelurahan/Desa ikut hadir pleno dan PPS melaksanakan rapat pleno terbuka sesuai mekanisme yang berlaku. 

“Agenda pengawasan rapat pleno rekapitulasi DPSHP tingkat kelurahan/desa sudah berlangsung selama 5 september sampai hari terakhir 7 september sesuia jadwal yang sudah ditetapkan KPU,” kata Yanti saat pengawasan di Desa Buttu Baruga, Sabtu (07/09/2024)

Menurutnya fokus pengawasan Bawaslu memastikan kebenaran dan kelengkapan data pemilih terhadap kemungkinan adanya seperti pemilih yang telah memenuhi syarat, tetapi belum terdaftar, kesalahan data pemilih, pemilih tercatat lebih dari satu kali, pemilih yang telah meninggal dunia, pemilih yang telah pindah domisili ke daerah lain, pemilih yang telah berubah status menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia atau anggota Kepolisian Republik Indonesia dan pemilih yang belum genap berumur 17 (tujuh belas) tahun. 

“Komitmen kami di Bawaslu Majene agar data pemilih ini akurat dan hak pilih masyarakat terkawal,” tegasnya

Selama ini bersama jajaran pengawas dimulai dari tingkat Kecamatan sampai di Kelurah/Desa sudah melakukan patroli pengawasan kawal hak pilih.

“Jika ada masyarakat yang belum terdaftar didaftar pemilih bisa langsung melaporkan ke Bawaslu Majene atau pengawas pemilihan terdekat,” tutupnya (*)

Editor : Syarli

Fotografer : Rio Riswan